Pelayanan keperawatan yang diberikan kepada individu dan keluarga/orang terdekat yang diperkirakan atau sedang mengalami keadaan yang mengancam kehidupan, dan terjadi secara mendadak dalam suatu lingkungan yang tidak dapat dikendalikan
Cakupan KGD
- Meliputi menetapkan diagnosis keperawatan dan manajemen respon klien/keluarga terhadap kondisi kesehatan yang terjadi mendadak
- Pelayanan keperawatan gawat darurat tidak terjadwal dan biasanya dilakukan di ruangan gawat darurat (emergency),
Kondisi Kedaruratan
- Suatu kondisi dimana terjadi gangguan integritas fisiologis atau psikologis secara mendadak
- Rentang area pelayanan gawat darurat
Proses Keperawatan Gawat Darurat, dipengaruhi oleh :
- Waktu yang terbatas
- Kondisi klien yang memerlukan bantuan segera
- Kebutuhan pelayanan yang definitif di unit lain (OK, ICU)
- Informasi yang terbatas
- Peran dan sumber daya
Sasaran Pelayanan Gawat Darurat
Ketepatan resusitasi efektif dan stabilisasi klien gawat dan yang mengalami perlukaan
Aspek Psikologis Pada Situasi Gawat Darurat
- Cemas
- Histeris
- Mudah marah
- Dsb
- Pengkajian terhadap prioritas pelayanan
Perubahan tanda vital yang signifikan (hipo/hipertensi, hipo/hipertermia, disritmia, distres pernafasan)
- Perubahan/gangguan tingkat kesadaran (LOC)
- Nyeri dada terutama pada pasien berusia > 35 tahun
- Nyeri yang hebat
- Perdarahan yang tidak dapat dikendalikan dengan penekanan langsung
- Kondisi yangd apat memperburuk jika pengobatan ditangguhkan
- Hilang penglihatan secara tiba-tiba
- Perilaku membahayakan, menyerang
- Kondisi psikologis yang terganggu/perkosaan
Triage
Tujuan triage adalah untuk menetapkan tingkat atau derajat kegawatan yang memerlukan pertolongan kedaruratan. Dengan triage tenaga kesehatan akan mampu :
- Menginisiasi atau melakukan intervensi yang cepat dan tepat kepada pasien
- Menetapkan area yang paling tepat untuk dapat melaksanakan pengobatan lanjutan
- Memfasilitasi alur pasien melalui unit gawat darurat dalam proses penanggulangan/pengobatan gawat darurat
Sistem Triage dipengaruhi
- Jumlah tenaga profesional dan pola ketenagaan
- Jumlah kunjungan pasien dan pola kunjungan pasien
- Denah bangunan fisik unit gawat darurat
- Terdapatnya klinik rawat jalan dan pelayanan medis
Prinsip umum manajemen kedaruratan (kecelakaan)
- Bersikap tenang tapi cekatan dan berfikir sebelum bertindak (jangan panik)
- Sadari peran perawat dalam menghadapi korban dan wali/saksi
- Lakukan pengkajian yang cepat dan cermat terhadap masalah yang mengancam jiwa (henti napas, nadi, perdarahan hebat dan keracunan)
- Lakukan tindakan penyelamatan jiwa/kehidupan
- Lakukan pengkajian sistematik sebelum melakukan tindakan menyeluruh
- Pertahankan korban pada posisi datar atau sesuai posisi yang cocok (kecuali jika ada orthopnea) lindungi korban dari kedinginan
- Jika korban sadar, jelaskan apa yang terjadi berikan bantuan untuk menenangkan dan yakinkan akan ditolong
- Hindari mengangkat/memindahkan yang tidak perlu, memindahkan hanya jila ada kondisi yang membahayakan
- Jangan diberi minum jika terdapat trauma abdomen atau diprakirakan kemungkinan tindakan anestesi umum dalam waktu dekat
- Jangan dipindahkan (ditanfortasi) sebelum pertolongan pertama selesai dilakukan dan terdapat alat tranportasi yang memadai
Disaster
- Bencana
- Alam
- Perbuatan manusia
- Kejadian tiba-tiba, mengagetkan, merusak, membahayakan kehidupan (nywa dan harta benda)
- Efek samping sangat tergantung dari luas dan beratnya bencana serta kesiapan komunitas/ masyarakat menghadapi bencana
Perencanaan penanggulangan bencana di komunitas
- Pembentukan komite atau tim penanggulangan bencana
- Mengidentifikasi kemungkinan bahaya bencana pada daerah tersebut
- Mengadakan latihan/simulasi penanggulangan bencana (termasuk cara meminta bantuan, jaringan komunikasi
Penanggulangan saat kejadian
- Pengelolaan jaringan komunikasi yang efektif
- Blok daerah bencana
- Mengupayakan jaringan tranportasi yang terbuka tapi terorganisir
- Pelaksanaan triage
- Triage komunitas pada disaster
Kategori
- Yang memerlukan tindakan segera (akan memburuk jika tidak segera ditanggulangi)
- Serius yang memerlukan tranportasi segera setelah diatasi pertolongan pertama
- Masalah minimal yang dapat ditanggulangi masyarakat
- Kategori yang dapat ditangguhkan
- Disaster
- Mekanisme
- Alami
- Buatan Manusia
- Jumlah
- Cidera yang disebabkan
- Geografi
- Durasi
- Selesai
- Sedang berlangsung
Tingkat respon
- Level I : Lokal
- Level II: Regional
- Level III: Nasional
Perencanaan yang efektif
- Asumsi yang valid tentang bentuk cidera, ancaman, perilaku manusia dan kebutuhan
- Pengalaman dari bencana sebelumnya
- Prisip evidance base dari respon bencana
- Sistem kolaborasi yang terintegrasi dalam mencapai tujuan umum
- Keterllibatan dalam perencanaan bagi orang yang terlibat dalam penanggunalangan
- Pengetahuan dan persetujuan dari partisipan
- Pelatihan dan pendidikan
- Latihan di Rumah Sakit dan Komunitas
Triage komunitas memerlukan
- Pos komando
- Persiapan RS
- RS Lapangan