Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP)

Salah satu Model Asuhan Keperawatan Profesional ( MAKP ) adalah Model Praktek Keperawatan Professional ( MPKP ) dimana MPKP ini diartikan sebagai suatu system ( struktur, proses dan nilai-nilai professional ) yang memungkinkan perawat professional mengatur pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan untuk menopang pemberian asuhan tersebut ( Hoffart & Wood, 1996 )

Di Indonesia MPKP mulai dikembangkan oleh Sitorus (1996) di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta dan sampai saat ini telah diimplementasikan di beberapa rumah sakit lainnya, salah satunya RSUD Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat.

RSUD Al-Ihsan telah mengembangkan MPKP sejak tahun 2007 hingga saat ini, dan semua ruang perawatan telah menggunakan MPKP dalam pemberian asuhan keperawatan kepada pasien.

Berdasarkan evaluasi implementasi MPKP di RSUD Al-Ihsan ternyata implementasi MPKP dapat meningkatkan mutu asuhan keperawatan yang dinilai berdasarkan peningkatan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan, peningkatan kepatuhan perawat terhadap standar, kualitas dokumentasi asuhan keperawatan, tugas pokok dan fungsi masing-masing perawat menjadi lebih tertata dengan baik.

Adapun dalam konsep MPKP yaitu terdiri dari pengertian, tujuan, dan pilar-pilar dalam MPKP.
Pengertian Model Praktek Keperawaan Profesional (MPKP) adalah suatu sistem (Struktur,Pr os es dan nilai-nilai profesional ) yang memungkinkan perawat profesional mengatur pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan, yang dapat menopang pemberian asuhan tersebut (Hoffart&Woods, 1996 dalam Sitorus,2005).

Model praktik keperawatan adalah deskripsi atau gambaran dari praktik keperawatan yang nyata dan akurat berdasarkan kepada filosofi, konsep dan teori keperawatan.Era globalisasi dan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan menuntut perawat, sebagai suatu profesi, memberi pelayanan kesehatan yang optimal. Indonesia juga berupaya mengembangkan model praktik keperawatan profesional (MPKP).

Model praktek keperawatan profesianal (MPKP) diyakini dapat menjadi salah satu daya ungkit pelayanan yang berkualitas dalam rangka meningkatkan mutu asuhan keperawatan dirumah sakit. Dengan model ini, pengembangan keilmuan keperawatan ditatanan pelayanan dapat difasilitas. Karena model ini sangat menekankan pada kualitas kinerja tenaga keperawatn yang berfokus pada profesionalisme keperawatan.

MPKP dengan tenaga perawat pelaksana minimal D3 keperawatan tetapi Kepala Ruangan (Karu) dan Ketua Tim (Katim) mempunyai pendidikan minimal S1 Keperawatan.

MPKP Intermediate dengan tenaga minimal D3 Keperawatan dan mayoritas, Sarjana Ners keperawatan, sudah memiliki tenaga spesialis keperawatan jiwa.

MPKP Advance yang semua tenaga minimal Sarjana Ners keperawatan, sudah memiliki tenaga spesialis keperawatan jiwa dan doktor keperawatan yang bekerja di area keperawatan jiwa.

Related Posts:

0 Response to " Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) "

Post a Comment